Layouting IC Analog

Di awal semester, saya berfikir “apa sih susahnya layout IC ?”. Pikiran itu muncul karena saya sudah terbiasa bekerja di daerah digital dimana semuanya serba mudah. Kita haya butuh logika dan penguasaan bahasa HDL yang baik maka semuanya akan selesai.

Namun di kuliah Perancangan IC Analog dan Mixed Signal yang diajarkan oleh Pak Fuad, semuanya berbeda. IC yang dibuat benar-benar manual/analog. Hal ini diakibatkan karena perangkat analog dalam sebuah processor sangan penting dan membutuhkan tingkat ketelitian yang tinggi.

Dalam merancang IC Analog kita harus memperhatikan banyak faktor seperti lebat transistor, panjang transistor, posisi transistor, matching, dll. Selain membutuhkan ketelitian yang sangat tinggi, karena kita bekerja dalam orde mikro ( di dunia nyata sudah mencapai orde nano), dibutuhkan juga seni dalam menyusun transistor-transistor tersebut. Ini merupakan point yang paling saya suka. Kalau di digital kita hanya berkutat dengan coding-coding, di analog kita bisa menuangkan rasa seni koita dengan menggambar.

Perancangan IC analog benar-benar mulai dari bawah, dimana kita membuat masking untuk litographi wafer semikonduktor. Kita harus membuat masking n-well, polysilicon, metal, dioxide dll.

Semester ini kami mendapat project melayout modulator delta sigma. walaupun rangkaiannya kecil, namun ketika diimplementasikan kedalam hardware, rangkaiannya bisa sangat rumit.

Software yang  digunakan untuk Lay-out adalah L-Edit dari Tanner Tool. Selain itu digunakan Spice dan Matlab untuk memverifikasi hasil layout kita.

contoh rangkaian :

Hasil layout 2 transistor :

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: