Dampak Piala Dunia Bagi Afsel

Akhirnya piala dunia 2010 tiba. Perhelatan dunia sepak bola terkabar di bumi ini sudah ditunggu-tunggu oleh penduduk bumi ini, mulai dari anak-anak sampai dewasa, tua muda, laki perempuan.  Afrika selatan patut berbangga, karena piala dunia yang sedang berlangsung saat ini diadakan di negara yang letaknya paling ujung selatan benua hitam Afrika.

Map picture

Bukan tanpa alasan sebuah negara mengajukan diri untuk menjadi tuan rumah penyelenggaraan piala dunia, dibalik semua itu terdapat sejuta alasan. Dengan menjadi tuan rumah, sebuah negara akan mendapatkan berbagai keuntungan disamping penghargaan dari dunia Internasional.

Pertama, perekonomian dari negara tuan rumah pasti akan meningkat. berikut kutipan dari kompas : Hasil survei Reuters menunjukkan, selama pagelaran akbar itu berlangsung, perekonomian Afsel bisa tumbuh 0,1% sampai 0,7%. Piala Dunia juga mendongkrak pertumbuhan ekonomi Afsel di kuartal II dan III masing-masing sebesar 4%, dan 3,9%, dengan pertumbuhan akhir tahun sebesar 3,1%. Yang unik, pertumbuhan ekonomi yang lebih tinggi justru tercatat di kuartal I 2010 yakni 4,6%. Penggalakkan proyek infrastruktur jelang Piala Dunia menjadi penyebab. Dengan adanya piala dunia, maka tuan rumah diwajibkan untuk menyipakan berbagai sarana penunjang terutama stadion. Satdion merupaka megaproyek yang harus dilselesaikan dalam kurun waktu yang singkat. Dengan demikian pertumbuhan usaha di bidang konstruksi pasti akan meningkat. Perputaran uang yang terjadi pasti sangatlah besar. Penduduk akan memperoleh lapangan kerja.

Disamping itu, bidang niaga juga pasti akan terangkat. Dengan adanya piala dunia, pabrik-panrikdan usaha-usaha konveksi pasti akan memperoleh keuntungan yang berlipat-lipat. Mengingat suporter-suporter dari berbagai belahan dunia akan datang.

Kedua, infrastruktur negara tersebut akan meningkat. Penyelenggaraan piala dunia akan memaksa sang tuan rumah untuk memperbaiki infrastruktur pada negara tersebut. DI Afrika selatan sendiri dibangun secara khusus jalaur kereta yang canggih untuk memenuhi keperluan transportasi bagi para suporter. Selain kereta, bandara, rumahsakit, dan penginapan pasti akan semakin maju.

Ketiga, kesempatan negara tuan rumah untuk mempromosikan pariwisatanya akan terbuka lebar. Para turis dari berbagai negara akan mengunjungi Afrika Selatan. Hal ini harus dimanfaatkan untuk mempromosikan Afrika Selatan tanpa usaha lebih.

Namun disamping keuntungan-keuntungan yang diperoleh pasti ada kerugian yang diperoleh.

1. Lingkungan Hidup akan terancam terganggu dengan adanya pembangunan sana sini.

2. Faktor sosial. Di Afrika selatan, lokasi tempat membangun stadion merupakan tempat tinggal penduduk, dapat dibaca selengkapnya di sini.

3. Yang lebih parah adalah, biaya perawatan stadion-stadion yang telah dibangun. Stadion yang dibangun bukan berarti setelah piala dunia selesai maka tidak memerlukan perawatan lagi.

6 Tanggapan to “Dampak Piala Dunia Bagi Afsel”

  1. Tsamina mina eh, eh
    Waka waka eh, eh
    Tsamina mina zangalewa
    This time for Africa

    salam kenal gan..

  2. Tsamina mina eh, eh
    Waka waka eh, eh
    Tsamina mina zangalewa
    This time for Africa

    salam kenal gan..

  3. Tsamina mina eh, eh
    Waka waka eh, eh
    Tsamina mina zangalewa
    This time for Africa

    salam kenal gan..

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: