Berburu Titanium Dioksida

Hari ini cukup melelahkan. Judul diatas hanya sebagian dari kegitan yang harus saya selesaikan hari ini. Dimulai dari sms anak KM sehari sebelumnya yang menyuruh saya untuk mengurus dana DIPA di LK yang menurut saya belum jelas. Saya harus membawa fotokopi buku tabungan dan materai.

Pagi ini saya mulai dengan membuat buku tabungan baru karena buku yang lama sudah penuh. Itu pun belum termasuk pembukuan transaksi terakhir yang jumlahnya banyak. Sebelum masuk bank, saya menyempatkan diri mengambil uang tunai di ATM sekalian mencoba ATM center baru. Lebih bagus menurut saya dan lebih hemat energi karena beberapa mesin atm disatukan dalam sebuah ruangan sehingga memerlukan AC yang lebih sedikit, walaupun dari segi keamanan akan berkurang. Kemudian saya masuk ke Bank dan mengambil nomor antrian. Dengan gaya sok tau saya langsung menuju ruangan sebelah selatan karena pengalaman saya sebelumnya kalau mau bertemu dengan CS ruangannya di selatan. Namun sampai di ruanga tersebut saya bingung, kok gak ada nasabah yang antri. Kemudian saya duduk, dan mempersiapkan buku tabungan yang lama. Setelah beberapa lama, saya mulai merasa agak aneh, gak ada display antrian. Kemudian saya melihat papan “ Layanan Luar Negri “. Ups ternyata ruangan untuk CS sudah disatukan dengan ruangan teller. HA.ha. saya tertawa dalam hati…Untung gak ada yangsadar pas saya tiba di ruangan utama, pasti mereka mengira kalau saya dari toilet.😛.

Setelah urusan di Bank selesai, saya ke kampus. Sebelumnya saya fotokopi buku tabungan 3x untuk dimasukkan ke LK. Kemudian aya menuju ke kantor Pak Didik di R25 CC barat. ternyata bapaknya tidak ada. Huh…. kemudian saya teringat kalau minggu lalu saya mengurus peminjaman ruangan LFM 9009. Saya menanyakan ke Bapak xxx dengan senyum yang lebar ( pengalaman minggu lalu, bapaknya jutek banget ).

“ Pak saya mau mengambil surat peminjaman LFM dari PSM pak “.

“ Oh, sekarang ngurusnya diruangan yang itu “ kata bapaknya sambil menunjuk ke Ruang LK.

Sekali lagi saya salah ruangan. KEmudian saya menuju ke ruangan tersebut, sekali lagi dengan senyum yang lebar dan ramah tamah, saya dengan mudah memperoleh suratnya. Saya sudah takut diomelin karena memesan ruangan H-7 padahal harusnya H-14. Setelah saya melihat suratnya ada dua lembar, saya periksa ternyata untuk hari sabtu besok dikabulkan. Padahal sudah yakin ditolak untuk minggu ini. Wiuh…

Karna suratnya sudah ada, saya berfikir untuk langsung masukin ke ruangannya Pak Kharsim aja. Ternyata pak kharsimnya lagi sakit. Huh.. padahal saya harus mengurus jadwalnya, jadi ijin yang diberikan dari jam 8am-17am, padahal di surat pengajuannya jam 5.30pm –9pm. Terpaksa harus ke pak mulyana. Sekali lagi dengan senyum yang lebar, saya mengurusnya. Ternyata sangat ampuh, bapaknya tanpa basa-basi langsung menyetujui. wiuh..

Tips Untuk Menghadapi Birokrasi di ITB adalah pasang senyum yang LEBAR   ^_______________^

Pengalaman yang sesungguhnya baru dimulai.

Setelah itu saya kembali konsen ke KP saya. Hari iini saya dan erik, partner KP saya, mau membeli bahan-bahan kimia yang diperlukan untuk membuat project KP kami yaitu solar cell. Bahan-bahan kimia yang dibutuhkan adalah Titanium Dioksida dan Kalium Iodide. Tujuan pertama kami adalah kosambi. Kami pernah meilhat toko yang menjual bahan kimia ketika survey ke jaya plaza. Namun sebelumnya si erik mau makan mie dulu di naripan. Huh.. dia emang hobi makan mie. Karna saya sudah makan jadi saya minum aja. saya memesan Es Cingcau Hitam dengan harapan harganya murah. Setelah membayar ke kasir ternyata harganya mahal banget.. tau gitu saya makan aja sekalian. –____________- kali ini gak pake senyum.

Setelah itu kami menuju ke toko kimia.

“ Mbak, disini jual Titanium Dioksida gak ?“

“ Ha? Apa? “ kata mbaknya.

Dalam hati “ Sudah gw duga, pasti mbaknya gak ngerti, Bossnya mana sih “

“ Titanium Dioksida mba, TiO2 “ Lanjut erik.

“ Emang untuk apa? “ tanya mbaknya laggi.

Erik langsung menoleh ke saya, pasti erik bingung mau jelasin gimana.

“ Hmm… Mau buat solar cell mba. “ Jawab saya. daripada dijawab untuk bikin Bom. he.he.

“ Ooo.. solar cell “ sahut si mabknya. Dalam hati “ Asyik, mbaknya ternyata ngerti juga “

Tiba2… “ Sep, ini layanin yang ini dulu, sy mah gak ngerti “ kata mbaknya.

Gubrak…. ternyata mbaknya gak ngerti.. adohhhh TT

“Ada apa mas ?” tanya si mas yang baru. Selanjutnya kita jelasin, dia lumayan mengerti. Namun bahan yang kami butuhkan tidak ada.

 

Kemudian kami mencari ke toko berikutnya. Tokonya terlihat lebih beasar.

“ Past disini lebih lengkap “ kata si erik.

Setelah masuk. kok saya melihat pewarna makanan, parfum, terigu dan lain-lain. Ternyata ini toko bahan kimia untuk makanan. yahh salah lagi deh ..

KEtika mau keluar dari toko, tiba-tiba..

“ Mas mau beli apa? “  tanya mbak yang menjaga toko.

“ Hmm… ada titanium dioksida gak? “

Sebenarnya kita sudah tidak berminat untuk tanya2 lagi, namun tidak enak dengan tokonya jadi saya jawab aja. Saya tidak sudah bersiap menerima jawaban tidak ada, Namun….

“ Oh ada Mas, untuk makanan kan? jawab si mbak.

‘” APAAAA, ada titanium dioksida? “ gw langsung syok. kata-kata “ Untuk makanan kan? “ terus terngiang2 di kepala saya.

“ Masa sih mbak? gak salah? itu berbahaya lho.. “ jawab si erik. Kemudian setelah menjelaskan kita akhirnya meninggalkan toko tersebut.

Gila, titanium dioksida untu makanan? @_@.

Karna belum menemukan bahan yang kami cari, kami berencana melanjutkan perjalanan ke Jaya Plaza. Namun tiba-tiba saya teringat TEere, di pernah memberi tahu klo mau beli bahan kimia di jalan padjajaran toko Sakura.  Setelah berdiskusi, akhirnya kami memutuskan untuk ke toko sakura. Kami naik angkot ke stasiun kemudian naik angkot cisitu.

Hujan turun sangat deras. Untung saya membawa payung. Ketika melewati jalan padjajaran, kami langsung mencari toko sakura, namun ketika angkot mau belok belum terlihat juga toko sakura.

“ gmana rik? kok gak ada yah? “

“ dibelokan ini masih jalan padjajaran kok “

“ Ha? kok jalan berbeda namanya sama? , bandung memang unik “ kata saya dalam hati. Namun saya biarkan saja.

Tiba—tiba erik berteriak “ kiri pak”

Akhirnya tiba juga. Namun setelah turn dari angkot dengan hujan yang deras, saya langsung lesu. Terlihat papan nama . "STUDIO MUSIK SAKURA”. –________________–

“ Natr kalau kita masuk trus naya, Mas ada titanium oksida gak? , pasti petugasnya bilang. Ooo…. album terbaru The Titans belum keluar mas.. “ WKWKWKWKKW…..

Akhirnya kami berbalik arah dan kembali ke jalan padjajaran dengan menembus hujan dan angin dengan sebuah payung. Alhasil basah…

Setelah beberapa lama berjalan dengan badan kedinginan, kami sampai di toko Sakura.

Ini benar-benar toko sakura lho. Namun menurut saya terlalu “bagus”. Perasaan saya mulai tidak enak.

Kemudian kami masuk, suasanyanya lumayan, banyak pembeli.

“Mbak, ada Titanium Dioksida gak? “

“ Oh ada, yang powder kan? “

“ iya “. Saya langsung bersemangat. Kemudian si mbaknya ngambil buku. ini buku lho… isinya daftar harga.

“ Harganya sejuta sekian mas sekilonya “

“ APAAA? “ sekali lagi saya menyebut kata itu. Gilak mahal abisss.. harganya tujuh digit gitu…

“ Kalu kalium iodida ada gak? harganya berapa“ berharap ini pasti murah…

“ Ada mas, harganya 800ribu sekian… “  badan saya langsung lemas…

Kemudian saya meminjam bukunya, ternyata harganya memang segitu.Tiba-tiba mata saya tertuju pada sebuah kata di sebelah kanan atas lembaran buku. terlulis. MERCK. ooooooo……

Setelah itu kami keluar dari toko itu.

“ Hmm.. klo anak kimia TA trus beli bahan-bahan disini bisa bokek d
onk “…

Akhirnya kami pulang dengan tangan kosong……

4 Tanggapan to “Berburu Titanium Dioksida”

  1. Trus gimana solar cellnya than?

    • Nate_O'niel Says:

      Hari senin sudah mulai dikerjain. Bahan-bahannya disediain oleh lipinya. LIPInya juga sedang ada penelitian tentang topik diatas. Jadi bisa ikutan. Sebelumnya kan gw n erik div tenaga listrik, jadi kurang nyambung. Sekang sudah pindah ke divisi elektronika. he.he.

  2. Dear Trading Manager:

    We’re glad to hear that you’re on the market for TITANIUM DIOXIDE.

    We are professionally engaged in manufacturing Chemical material. Our main products are below for your reference:

    ●Titanium Dioxide

    ●Lithopone

    ●Zinc Oxide

    If you have any inquiry, please feel free to contact us. We will give you the competitive offer.

    Your early reply will be highly appreciated.

    Kind regards,

    Sunny

    Form: HEBEI BOFATE CHEMICAL CO., LTD.
    TEL: 86-311-87025598

    FAX: 86-311-87025598

    Web: http://www.bfastchem.com

    Email: sunny@bofate.com

    MSN: chenchenhappy@live.cn

  3. Terus gimana hasil eksperimen pembuatan solar selnya? Berhasil?. kasih kabar donk ke email saya. Kita bisa share banyak hal soal energi alternatif.

Tinggalkan Balasan

