Menulis Partitur Online

Bagi anda yang aktif dalam bidang musik atau paduan suara, pasti sudah tidak asing lagi dengan benda yang bernama partitur. Partitur adalah alat bantu bagi seorang penyanyi atau musisi dalam bernyanyi atau memainkan alat musik. Partitur berisi susunan nada-nada yang harmonis yang disusun sedemikian rupa oleh pengarang atau arranger. Nada-nada tersebut diinterpretasikan dalam simbol-simbol yang biasa disebut not (en: score ). Ada dua jenis not yang kita kenal yaitu not angka dan not balok. Di Indonesia, not angka lebih banyak dipakai karena lebih mudah pembacaannya. Not balok lazim digunakan di negara-negara Eropa dan Amerika.

Penulisan not angka dan not balok sangat berbeda. Dalam menulis not balok, kita cukup menuliskan angka-angka sesuai dengan nada yang diwakilinya. Untuk nada dasarnya, kita cukup menuliskannya di sebelah kiri atas partitur. Untuk menulis not-not tersebut ke dalam sebuah kertas secara manual kita dapat menggunakan pena atau mesin ketik. Sedangkan jika melalui komputer, kita bisa menggunakan software pengolah kata biasa seperti Microsoft Word dan Open Office. Jika ingin lebih bagus lagi, kita bisa menggunakan Corel Draw.

Not balok merupakan not yang dituliskan dengan simbol/gambar terterntu. Bentuknya seperti touge, memikili perut dan bendera. Not tersebut kemudian digambarkan ke dalam baris-baris birama yang bentuknya seperti kolom-kolom. Aturan penulisan not balok cukup susah dan memiliki banyak simbol-simbol. Untuk menulis not balok, kita dapat menggunakan kertas khusus yang sudah diisi garis-garis birama. Namun jika kita ingin menggunakan komputer, kita dapat menggunakan software Finale atau Sibelius.

Oleh karena itu untuk menggunakan program diatas, kita harus menginstal terlebih dahulu ke dalam komputer kita. Masalahnya adalah jika kita ingin membuat partitur dan kita tidak punya software tersebut ( karena software-software tersebut berbayar ). Ada solusi yang gampang dan mudah yaitu dengan cara menulis online. Namun kita harus memiliki koneksi internet. Berikut beberapa situs yang menyediakan penulisan partitur online secara gratis :

Not Angka

Not Balok

Note Flight

Noteflight memiliki interface yang sederhana sehingga mudah dimengerti. Namun demikian, tampilannya tetap cantik dan memiliki menu right-click seperti pada Word 2007. Kita dapat menginput not dengan memakai mouse atau keyboard. Not yang sudah dimasukkan dapat didrag untuk menurunkan atau menaikkan nadanya. Noteflight menyediakan 17 macam instruments, mulai dari piano sampai flute. Kita juga bisa menambahkan lyric kedalamnya. Noteflight bahkan menyediakan tool untuk transpose nada. Dengan demikian kita tidak perlu mengubah dari awal jika kita ingin mengubahnya.

Jika anda ingin membuat kertas partitur kosong anda dapat mencaba situs Blank Sheet Music

Situs ini memungkinkan kita membuat kertas paritur yang kosong. Dengan demikian kita dapat mengisinya dengan pena. Situs ini gratis tapi anda harus register terlebih dahulu. Fasilitas yang diberikan situs ini lumayan lengkap. Bahkan kita dapat menyimpan file kita secara online.

note

8 Tanggapan to “Menulis Partitur Online”

  1. [F]reeeeeaaaaakkkk….!!!!

  2. bagus nih info nya
    thnks yah…

  3. Thanks infonya. Selama ini saya mencari software untuk menulis partitur not balok. Saya coba sibelius demo, bagus sekali, tapi sayang, belinya lumayan mahal untuk ukuran kantong kita.

  4. Thanks infonya. Selama ini saya mencari software untuk menulis partitur not balok. Saya coba sibelius demo, bagus sekali, tapi sayang, belinya lumayan mahal untuk ukuran kantong kita.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: