Jenis-Jenis Ukiran Toraja

Gambar ini saya dapat ketika kemarin mudik ke Toraja. Saya baru sadar ternyata motifnya sebanyak itu.

semua-ukiran

buat yang mau gambar2 diatas, dapat diunduh di link berikut

http://www.ziddu.com/download/4822282/Ukirantoraja.rar.html

70 Tanggapan to “Jenis-Jenis Ukiran Toraja”

  1. Keren Om,
    Yang diatas cuma motif ukiran?
    Dibikin tenunan juga ya?

  2. Keren Om,
    Yang diatas cuma motif ukiran?
    Dibikin tenunan juga ya?

  3. Nate_O'niel Says:

    /hyva/

    iya, motif di atas juga diaplikasikan ke tenunan kok. paling tidak di sablon (he..he..). karena semakin sulit untuk mendapatkan orang yang bisa menenun di toraja.

    • iya,, seperti yang kita lihat di Sa`dan,,, tidak ada yang bisa melanjutkannya karena yang bekerja (Tenun) hanya orang tua ,..

  4. Nate_O'niel Says:

    /hyva/

    iya, motif di atas juga diaplikasikan ke tenunan kok. paling tidak di sablon (he..he..). karena semakin sulit untuk mendapatkan orang yang bisa menenun di toraja.

    • iya,, seperti yang kita lihat di Sa`dan,,, tidak ada yang bisa melanjutkannya karena yang bekerja (Tenun) hanya orang tua ,..

  5. Nate, indah-indah ya motifnya
    Cuma familiar saja, soalnya beberapa motif gak jauh beda sama motif batik yg dijual di pasar2,
    seperti Paqsalaqbiq Ditoqmokki (alamak susahna di baca kodonge), Paqsiborongan (hahh)
    Kalo orang yang tidak jeli,,, pasti nyangka ini motif batik!
    Bedanya ya, yang satu di katun yang satunya di pahat
    Tapi kalo diperhatikan lebih dalem, beda banget sih, lebih ceria dan berwarni. Motif motif ini lebih mirip dengan tenun-pahat orang Batak. Nah lo, satu nenek moyang sih.

  6. Nate, indah-indah ya motifnya
    Cuma familiar saja, soalnya beberapa motif gak jauh beda sama motif batik yg dijual di pasar2,
    seperti Paqsalaqbiq Ditoqmokki (alamak susahna di baca kodonge), Paqsiborongan (hahh)
    Kalo orang yang tidak jeli,,, pasti nyangka ini motif batik!
    Bedanya ya, yang satu di katun yang satunya di pahat
    Tapi kalo diperhatikan lebih dalem, beda banget sih, lebih ceria dan berwarni. Motif motif ini lebih mirip dengan tenun-pahat orang Batak. Nah lo, satu nenek moyang sih.

  7. kayaknya masih banyak lagi yg belum ada disini..

  8. kayaknya masih banyak lagi yg belum ada disini..

  9. Bro…dimana saya bisa dapet gambar2 motif hi-res seperti ini. Saya perlu untuk referensi ukiran motif2 nusantara
    Thanks b4

  10. Bro…dimana saya bisa dapet gambar2 motif hi-res seperti ini. Saya perlu untuk referensi ukiran motif2 nusantara
    Thanks b4

  11. Nate_O'niel Says:

    oh… kalau mau hunbungi gw ajha…
    ntar gw kirimin filenya
    nataniel.depo@yahoo.com

  12. Nate_O'niel Says:

    oh… kalau mau hunbungi gw ajha…
    ntar gw kirimin filenya
    nataniel.depo@yahoo.com

  13. Lam kenal……..

    Bisa aku dikirimin gambar jenis-jenis ukiran Toraja?

    Thanks b4

  14. Lam kenal……..

    Bisa aku dikirimin gambar jenis-jenis ukiran Toraja?

    Thanks b4

  15. NAPI TODING Says:

    TORAJA FANTASTIC,BEAUTIFUL…………

  16. NAPI TODING Says:

    TORAJA FANTASTIC,BEAUTIFUL…………

  17. dan mendila Says:

    Yang mana ukiran buat bangsawan n yang mana untuk rakyat biasa?

  18. dan mendila Says:

    Yang mana ukiran buat bangsawan n yang mana untuk rakyat biasa?

  19. wah..ada yang lengkap dengan penjelasan tiap ukiran ngk..?? maksud saya dengan makna yg terkandung dari tiap ukiran.. trima kasih

    • Nate_O'niel Says:

      dan mendila : hm… saya juga kurang tahu yah, tapi satu yg saya tahu.. untuk bangsawan, apabila dia meninggal, maka petinya akan berbentuk bundar ( tabung ) dan di ujungnya ( alas/tutup ) akan terdapat ukiran matahari.

      antek : saya pernah punya bukunya yg berisi keterangan lengkap, tapi lupa taroh dimana… maaf yah

  20. wah..ada yang lengkap dengan penjelasan tiap ukiran ngk..?? maksud saya dengan makna yg terkandung dari tiap ukiran.. trima kasih

    • Nate_O'niel Says:

      dan mendila : hm… saya juga kurang tahu yah, tapi satu yg saya tahu.. untuk bangsawan, apabila dia meninggal, maka petinya akan berbentuk bundar ( tabung ) dan di ujungnya ( alas/tutup ) akan terdapat ukiran matahari.

      antek : saya pernah punya bukunya yg berisi keterangan lengkap, tapi lupa taroh dimana… maaf yah

  21. sangat bagus ukiran2 toraja nya

  22. sangat bagus ukiran2 toraja nya

  23. oh. saya punya buku yang mengulas tentang ukiran-ukiran ini lengkap dengan makna-nya masing2 dalam 2 bahasa (ind-eng). bagian yang kurang menurut saya (tdk di tampilkan di atas) yaitu Ukiran-ukiran gambar mengenai hewan2. seperti ayam, babi, itik, dan kerbau. itu juga ada artinya.. btw nice post!

  24. oh. saya punya buku yang mengulas tentang ukiran-ukiran ini lengkap dengan makna-nya masing2 dalam 2 bahasa (ind-eng). bagian yang kurang menurut saya (tdk di tampilkan di atas) yaitu Ukiran-ukiran gambar mengenai hewan2. seperti ayam, babi, itik, dan kerbau. itu juga ada artinya.. btw nice post!

  25. Salama’
    Teman-teman yang punya dokumen2 ukiran-ukiran toraja lengkap dengan makna2nya, kiranya berkenan berbagi info….kami di Kalteng sedang mendesign kalender yang memuat ukiran2 toraja, kada peada, dll, terkait toraja. Kurre.

  26. Salama’
    Teman-teman yang punya dokumen2 ukiran-ukiran toraja lengkap dengan makna2nya, kiranya berkenan berbagi info….kami di Kalteng sedang mendesign kalender yang memuat ukiran2 toraja, kada peada, dll, terkait toraja. Kurre.

  27. kereen bos,
    kebetulan lg nyari2 ukiran toraja bt cover buku

  28. kereen bos,
    kebetulan lg nyari2 ukiran toraja bt cover buku

  29. oim..kalo boleh tau perbedaan nya dengan ukiran mamasa apa Om????

  30. oim..kalo boleh tau perbedaan nya dengan ukiran mamasa apa Om????

  31. klo bisa dipatenkan secara internasional dl nanti kecuri lg deh

  32. klo bisa dipatenkan secara internasional dl nanti kecuri lg deh

  33. minta arti.a dong tiap” ukiran…..
    soal.a penting bnget buat tugas akhir aq…
    dkirim k email aq y ^^

    hyangi10@yahoo.com

    thx b4,,,,,🙂

  34. minta arti.a dong tiap” ukiran…..
    soal.a penting bnget buat tugas akhir aq…
    dkirim k email aq y ^^

    hyangi10@yahoo.com

    thx b4,,,,,🙂

  35. tolong dunk kak…
    cariin tentang motif” ukiran toraja,, yg lebih rinci lagy…
    please kak..
    buad bikin tugas ne..
    kalo adha,, tlg kirim k msage FB q ea kak??
    FB q Chiyka Chyk…
    thanks b4…

  36. tolong dunk kak…
    cariin tentang motif” ukiran toraja,, yg lebih rinci lagy…
    please kak..
    buad bikin tugas ne..
    kalo adha,, tlg kirim k msage FB q ea kak??
    FB q Chiyka Chyk…
    thanks b4…

  37. Biasa aja kalllee…

  38. Biasa aja kalllee…

  39. endang wilujeng Says:

    semua itu sungguh indah dan sangat luar biasa……..coba setiap ukiran ada disertakan artinya juga……karna pasti setiap keindahan ukiran itu ada historynya…..

  40. endang wilujeng Says:

    semua itu sungguh indah dan sangat luar biasa……..coba setiap ukiran ada disertakan artinya juga……karna pasti setiap keindahan ukiran itu ada historynya…..

  41. wiwi indradewi Says:

    kak saya boleh ga minta rincian ukir-ukiran ini..
    arti masing-masing ukiran soalnya saya pelu skli buat tugas skripsi kak… saya butuh data lengkap..
    klo ada bisa bagi infonya..ke email sya saja
    di
    wiwi_wiwiQ@hotmail.com

    terima kasih banyak =)

  42. wiwi indradewi Says:

    kak saya boleh ga minta rincian ukir-ukiran ini..
    arti masing-masing ukiran soalnya saya pelu skli buat tugas skripsi kak… saya butuh data lengkap..
    klo ada bisa bagi infonya..ke email sya saja
    di
    wiwi_wiwiQ@hotmail.com

    terima kasih banyak =)

  43. niel marthen Says:

    cuantil-cuantik yah..

  44. niel marthen Says:

    cuantil-cuantik yah..

  45. minta saran donk, apakah tau ukiran2 apa yang cocok untuk undangan di pernikahan. salama’

  46. minta saran donk, apakah tau ukiran2 apa yang cocok untuk undangan di pernikahan. salama’

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: