Tugas Besar Algoritma dan Struktur Data

Akhirnya setelah 3 minggu bergelut dengan coding, tugas besar Alstruk pun sudah lewat. Walaupun kelopok saya tidak selesai sepenuhnya, tapi tetap enjoy ( jenuh dengan coding ). Modul-modul yang kami buat belum dilink dan belum membuat program utama.

Mengingat proses pembuatannya, penuh dengan pengalaman menarik. Tidak seperti tugas besar yang pertama, dimana hanya beberapa orang yang mengerjakan, kali ini semua personil turun tangan. Pengerjaan berasama dimulai tanggal 1 januari 2009. Cukup ganjil menurut saya. Disaat orang-orang merayakan tahun baru, kami justru sibuk dengan struktur data yang membingungkan. Setiap hari, Dara selalu SMS , “ ayo codingers kelompok 4, besok ngumpul lagi di base camp jam 1. Smangat.. “ . Base camp kami adalah selasar IF lantai 2 Labtek 5. Kami kadang mengerjakannya dari jam 1 sampai jam 8 bahkan jam 9 malam. Lala bahkan tidak jadi malam mingguan. He..he.. .

Pengalam yang paling berkesan adalah ketika 30 menit sebelum deadline. Deadline adalah jam 5 sore tanggal 6 Januari 2009. Ketika itu Yohanes dan Lala sedang mengerjakan schedule yang ternyata masih banyak bug dan belum dibuat drivernya. Yohanes meminta driver view dan load dari saya. Ketika digabung dengan load ternyata load masih terdapat keanehan dengan nomor job. Seharusnya bertipe integer tapi diset sebagai tipe char. Oleh karena itu program load harus diubah sana sini. Ketika selesai digabung dan cukup yakin sudah benar, Lala memisahkan modul schedule dan reset. Tiba-tiba Dara bertanya .

Dara : “Nat, load yang baru sudah jadi ?”

Nate : “Oh, sudah kok. Tadi ada yang diubah di nomor job. Minta di Lala ajha.”

Sepertinya lala mendengarnya dan tiba-tiba dia langsung kaget. Air mukanya langsung berubah.

Lala : “Ups….. Loadnya sudah gw hapus.”

Kelompok 4 : “Ha…………….., serius!!!!”

Lala : “Iya. Kirain sudah gak dibutuhkan lagi. Jadi gw hapus”

Nate : “Tapi masih ada di recycle bin khan!”

Lala : “Kayaknya enggak deh. Tadi gw hapusnya dari falsh disk. Belum dicopy ke laptop”

Saya langsung meminta falsh disk Lala. Saya mencoba recovery data yang sudah dihapus tadi menggunakan Tune Up Undelete. Tapi hasilnya nihil. Suadah tidak bisa diselamatkan lagi. Akhirnya Yohanes harus mengedit ulang load sebelumnya. Yo berusaha mengingat-ingat apa yang telah diedit tadi. Dan akhirnya selesai 15 menit kemudian. Namun, masalah baru muncul. Dara menghilang. Katanya dia mau print laporan tapi belum balik-balik juga. Saya langsung berlari menyusulnya ke comlabs. Ternyata comlabsnya tertutup. Saya balik lagi ke base camp. Ternyata Dara belum muncul juga. Padahal kita membutuhkannya untuk menentukan file apa saja yang harus diburning, mengingat waktu -10 menit deadline. Dua menit sebelum deadline kemudian Dara muncul. Kemudian dengan secepat kilat kita men-Zip modul apa saja yang dibutuhkan. Kita semua sudah panik, kecuali Ikhsan yang selalu berkata “ Santai ajha “. Dan setelah diupload dan melihat stastusnya, kelompok kami telat 3 menit. Ha…ha…..

upload

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: